Petunjuk Kerja
Anda bekerja sebagai staf PT. MAJU MUNDUR ynag beralamat di Jl Ragunan NO. 123 di Jakarta. Di meja kerja anada terdapat sekumpulan surat masuk. Tugas anda adalah :
1. catat/isi seluruh surat masuk ke dalam Buku Agenda tunggal
2. Catat pengarahan surat dengan mencatat nya ke dalam Lembar disposisi
3. catat/isi seluruh surat masuk ke dalam kartu Kendali
Catatan : surat di catat 3 hari dari tanggal surat
Surat 1
CV
DUA SAUDARA
Jln. Ahmad Yani No.110 Bandung
Telp(022)777333 faks(022)688366
Bandung, 1 April 2018
Nomor :
101/DS/IV/18
Hal : Pesanan Barang
Yth.
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta
Dengan Hormat,
Berdasarkan surat penawaran Saudara No. 72/SA/IV/18 tanggal 30 Maret 2018, kami memesan barang-barang sebagai berikut :
- 5 Buah Kompor listrik 120 Volt/ 120 watt @Rp700.000
- 5 Buah lemari es merk sanyo tipe 10b/12 volt @Rp2.000.000
- 1 Buah kipas angin merk nasional @Rp150.000
Pembayaran akan kami lakukan secara Cash On Delivery di kantor kami, dengan alamat yang Tertera pada kop surat. Kami harap sebelum tanggal 7 Mei 2015 barang-barang telah kami terima.
Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
Salsa
Surat 2
CV.
JAYA SELALU
Jln. Ketang No. 10a
Jakarta
Jakarta, 1 April 2018
Nomor:
255/IM/IV/2018
Lampiran: –
Perihal : Pesanan Jasa Perbaikan AC
Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan jasa yang anda sediakan untuk perbaikan dan reparasi semua AC yang ada di kantor kami.
Kami berharap anda segera menindaklanjuti pesanan kami dan segera mengirim teknisi untuk perbaikan dan reparasi semua AC yang ada di kantor kami.
Pembayaran kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.
Kami berharap bisa menerima pelayanan anda secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Andi
Surat 3
PT
ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN
Jakarta, 1 April 2018
Nomor :
11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG
Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta
Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.
Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.
Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.
Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Anton Jaya
Surat 4
PT.
SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No.
4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com
Bandung, 1 April 2018
Nomor
: 005/PTSAB/60/VIII/2018
Perihal
: Penawaran Jasa
Lampiran : –
Kepada
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta
Dengan hormat,
Perkenalkan,kami dari PT. Segar Alam Abadi yang dalam hal ini kami bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Baik dalam ataupun Luar pulau,kami berniat menawarkan bentuk kerja sama dalam bidang expedisi.besar harapan kami bisa membantu pendistribusiannya.adapun service yang kami berikan DOOR to DOOR,Cy to DOOR,atau pun Cy to Cy.
Kami juga melayani trucking untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan coustemer. Kami berusaha berkomit dengan LEAD time yang kami berikan.jika,kedepannya Bapak/ Ibu berkehendak membutuhkan jasa kami.dengan senang hati,kami akan memberikan penawaran harga.
Sekian surat penawarn ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.
PT. Segar Alam Abadi,
Nita
Surat 5
PT
KEDALI UTAMA
Jl. Pahlawan No 4
Jakarta
Jakarta, 1 April 2018
No
: 121/IX/8479/06/2018
Perihal : Permintaan Penawaran Produk
Kepada Yth,
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Ragunan No. 123
di Jakarta
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan Surat Pengenalan Produk yang telah Bapak/Ibu kirim sebelumnya, kami tertarik untuk membeli berbagai kebutuhan peralatan kantor yang Anda tawarkan.
Untuk itu kami mohon Bapak/Ibu dapat mengirimkan beberapa informasi yang kami butuhkan sebagai berikut :
- Rincian Barang yang lebih detail
- Daftar Harga
- Cara pemesanan dan pembayaran
Pemesanan akan kami lakukan setelah mempertimbangkan kembali informasi diatas yang telah kami terima. Semoga surat ini menjadi awal hubungan kerjasama yang baik antar perusahaan kita.
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
Andri
CONTOH PENGISIAN KARTU KENDALI, LEMBAR DISPOSISI DAN AGENDA TUNGGAL
Kartu kendali
Indeks: |
Tgl : 4 April 2018
|
Kode : |
Isi Ringkas: Pesanan Barang berupa: 5 buah kompor listrik 120/Volt @Rp. 700.000, 5 buah lemari es merek sanyo tipe 10b/12volt @Rp. 2.000.000, 1 buah kipas angin merek nasional @Rp150.000 pembayaran dilakukan secara COD
|
||
Lampiran : -
|
Tgl Surat: 1 April 2018 |
No Surat: 101/DS/IV/18 |
Dari : CV DUA SAUDARA |
||
Kepada : - |
||
Pengolah : Nama siswa |
Paraf : tanda tangan siswa |
|
Catatan : pesanan harap kirim sebelum tanggal 7 mei 2018 |
Lembar disposisi
Disposisi Indeks |
Rahasia : Penting: ✓ Biasa : |
Kode
|
Tanggal Penyelesaian : 4 April 2018 |
Tgl/ No : 1 April 2018/101/DS/IV/18 Asal : CV DUA SAUDARA Isi Ringkas : Pesanan Barang berupa: 5 buah kompor listrik 120/Volt @Rp. 700.000, 5 buah lemari es merek sanyo tipe 10b/12volt @Rp. 2.000.000, 1 buah kipas angin merek nasional @Rp150.000 pembayaran dilakukan secara COD kirim sebelum tanggal 7 mei 2018 |
|
Instruksi :
Segera Kirimkan Barang Pesanan |
Diteruskan Kepada :
Bagian Pemasaran
|
Sesudah Digunakan harap segera Kembali : Kepada : Staf administrasi Tanggal : 7 April 2018 |
Buku agenda tunggal
no |
Tgl kirim/terima |
Tgl dan no surat |
M/K |
Dari/Kepada |
Perihal |
Lamp. |
Ket |
1 |
4 April 2018 |
1 April 2018 101/DS/IV/18 |
M |
CV DUA SAUDARA |
Pesanan Barang berupa: 5 buah kompor listrik 120/Volt @Rp. 700.000, 5 buah lemari es merek sanyo tipe 10b/12volt @Rp. 2.000.000, 1 buah kipas angin merek nasional @Rp150.000 pembayaran dilakukan secara COD |
-
|
kirim sebelum tanggal 7 mei 2018 |
No comments:
Post a Comment